Skip to main content

Suda Siapkah Indonesia Menjalankan Koneksi Super Cepat 5G ?

jaringan 5g

Perkembangan teknologi terus berkembang dari hari ke hari, meliputi jaringan yang kita pakai untuk internetan. Di luar negri sudah mulai mengadopsi jaringan 5G, tapi kelihatanya Indonesia belum siap seperti negara-negara lain, berikut lorffe.com kutip dari liputan6.
Teknologi seluler generasi keempat atau 4G kini sudah banyak diadopsi operator telekomunikasi di dunia. Para operator di Indonesia sudah menerapkan teknologi ini ini sejak akhir 2014.

Namun, Indonesia bisa dibilang sedikit tertinggal dari negara-negara lain. Pasalnya, mereka sudah lebih dulu mengadopsi jaringan selangkah di atas 4G, yaitu 5G. Tercatat, negara yang sudah menggunakan jaringan ini adalah Jepang, Korea Selatan hingga Inggris. Lalu, kapan giliran Indonesia?

Menurut Nonot Harsono, pengamat telekomunikasi, Indonesia masih belum bisa mengadopsi jaringan 5G mengingat jaringan 4G baru saja serempak diterapkan pada akhr 2014.

Ia memprediksi, adopsi 5G baru bisa diterapkan oleh sejumlah operator pada 2020 mendatang. Itu pun baru adopsi, belum penerapan secara utuh.

"Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur. Kebanyakan infrastruktur seperti BTS (Base Transceiver Station) di Indonesia itu ukurannya kecil-kecil," terangnya di Diskusi Refleksi Akhir Tahun Problematika Industri Telekomunikasi, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Selain itu, pria yang juga merupakan Chairman dari Mastel Intitute ini mengutarakan bahwa penyebaran jaringan yang diperkuat Fiber Optic (FO) juga menjadi prioritas yang harus dilakukan agar pemerintah dapat mengembangkan ekosistem jaringan 5G yang merata.

"Ini akan jadi cara efektif karena dapat menyambungkan internet dari rumah ke rumah. Hanya saja masih jadi kendala karena FO membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi jika ditanya lebih baik mana, saya memilih membangun BTS karena biayanya lebih hemat dari FO," terang Nonot.

"Inilah kewajiban kita, mau tak mau harus memaksimalkan BTS yang kecil-kecil itu dengan kabel optik. Jadi dengan menyambungkannya ke rumah-rumah, semua orang bisa mengakses internet kelak dengan jaringan 5G yang sangat cepat," ia melanjutkan.

Pembangunan infrastruktur untuk jaringan 5G dinilai Nonot sebagai salah satu langkah strategis Indonesia untuk memasuki era ekonomi digital. Menurutnya, ekonomi digital tak melulu harus eCommerce, namun dari segala sisi yang berhubungan dengan digitalisasi.

"Ekonomi digital kini bukan lagi tentang eCommerce, semua yang terjadi akibat proses digitalisasi bisa berpotensi mendompleng ekonomi digital. 5G pun akan memegang peranan penting untuk hal itu,” pungkasnya.

Comments

Popular posts from this blog

2 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tinggal di Jakarta

Sebagai kota Metropolitan, Jakarta dipenuhi oleh berbagai hal dan berbagai orang dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena di Jakarta, kamu bisa melakukan berbagai hal mengingat Jakarta merupakan ibukota negara. Banyaknya hal yang bisa dilakukan membuat banyak orang berbondong-bondong berusaha untuk tinggal di Jakarta. Untuk beraktivitas, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kamu tinggal di Jakarta. Kedua hal berikut ini menjadi beberapa diantaranya.
ShoppingSalah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika tinggal di Jakarta adalah shopping alias berbelanja. Hal ini seakan menjadi kebiasaan bagi para warga ibu kota setiap akhir pekan atau bahkan setiap harinya. Ya, banyaknya pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional membuat banyak orang melakukan transaksi jual beli setiap harinya. Mulai dari barang-barang kebutuhan pokok, sampai barang-barang mewah tersedia di Jakarta. Oleh karena itulah, tak salah jika banyak orang yang menganggap bahwa Ja…

Nyamannya Menggunakan Plester Hansaplast

Hansaplast adalah salah satu produk yang sudah dikenal oleh banyak orang. Brand tersebut merupakan brand plester yang sudah dipercaya sejak lama di Tanah Air. Plester perekat luka yang ditawarkannya pun kini telah berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Selain menawarkan produk plester biasa, brand yang satu ini pun menawarkan produk berkualitas terbaik seperti produk plester Hansaplast Aqua Protection yang dapat diandalkan dan memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan plester – plester biasa. Hansaplast sendiri memberikan jaminan bahwa produk yang ditawarkannya tersebut benar – benar produk anti air yang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas yang biasa anda lakukan sehari – hari.

Selain produk plester untuk lecet akibat jatuh, tersedia juga berbagai macam pilihan plester lainnya baik untuk orang dewasa maupun anak – anak. Plester anak ditawarkan dengan dengan desain yang lucu sesuai kesukaan mereka dan juga memiliki sistem perlindungan yang tak kalah ba…

Ini Dia 3 Alasan Memilih Kamera DSLR Nikon

Kamera DSLR Nikon menjadi salah satu pilihan produk kamera yang banyak digunakan oleh para pecinta fotografi. Jenis kamera DSLR memang sudah lama difavoritkan terutama oleh para profesional. Kamera ini memiliki hasil foto yang tajam dan berkualitas. Meskipun ukurannya besar dan cukup berat tapi tetap banyak yang tertarik untuk memakai kamera DSLR. 

Sementara itu, Nikon merupakan salah satu brand produk kamera yang sangat populer di Indonesia. Pegguna kamera tentu tahu bahwa Nikon telah banyak mengeluarkan produk kamera dengan beragam tipe. Nikon terbukti telah meluncurkan banyak produk kamera berkualitas yang sering digunakan oleh para profesional di dunia fotografi.
Bagi anda yang saat ini sedang mencari kamera untuk digunakan baik sebagai hobi maupun tuntutan profesi, kamera DSLR dari Nikon akan menjadi pilihan produk yang tepat. Bagi anda yang baru akan membeli kamera untuk pertama kali, maka anda harus tahu apa saja sebenarnya kelebihan yang dimiliki oleh kamera DLSR dari Nikon agar…