Skip to main content

Suda Siapkah Indonesia Menjalankan Koneksi Super Cepat 5G ?

jaringan 5g

Perkembangan teknologi terus berkembang dari hari ke hari, meliputi jaringan yang kita pakai untuk internetan. Di luar negri sudah mulai mengadopsi jaringan 5G, tapi kelihatanya Indonesia belum siap seperti negara-negara lain, berikut lorffe.com kutip dari liputan6.
Teknologi seluler generasi keempat atau 4G kini sudah banyak diadopsi operator telekomunikasi di dunia. Para operator di Indonesia sudah menerapkan teknologi ini ini sejak akhir 2014.

Namun, Indonesia bisa dibilang sedikit tertinggal dari negara-negara lain. Pasalnya, mereka sudah lebih dulu mengadopsi jaringan selangkah di atas 4G, yaitu 5G. Tercatat, negara yang sudah menggunakan jaringan ini adalah Jepang, Korea Selatan hingga Inggris. Lalu, kapan giliran Indonesia?

Menurut Nonot Harsono, pengamat telekomunikasi, Indonesia masih belum bisa mengadopsi jaringan 5G mengingat jaringan 4G baru saja serempak diterapkan pada akhr 2014.

Ia memprediksi, adopsi 5G baru bisa diterapkan oleh sejumlah operator pada 2020 mendatang. Itu pun baru adopsi, belum penerapan secara utuh.

"Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur. Kebanyakan infrastruktur seperti BTS (Base Transceiver Station) di Indonesia itu ukurannya kecil-kecil," terangnya di Diskusi Refleksi Akhir Tahun Problematika Industri Telekomunikasi, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Selain itu, pria yang juga merupakan Chairman dari Mastel Intitute ini mengutarakan bahwa penyebaran jaringan yang diperkuat Fiber Optic (FO) juga menjadi prioritas yang harus dilakukan agar pemerintah dapat mengembangkan ekosistem jaringan 5G yang merata.

"Ini akan jadi cara efektif karena dapat menyambungkan internet dari rumah ke rumah. Hanya saja masih jadi kendala karena FO membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi jika ditanya lebih baik mana, saya memilih membangun BTS karena biayanya lebih hemat dari FO," terang Nonot.

"Inilah kewajiban kita, mau tak mau harus memaksimalkan BTS yang kecil-kecil itu dengan kabel optik. Jadi dengan menyambungkannya ke rumah-rumah, semua orang bisa mengakses internet kelak dengan jaringan 5G yang sangat cepat," ia melanjutkan.

Pembangunan infrastruktur untuk jaringan 5G dinilai Nonot sebagai salah satu langkah strategis Indonesia untuk memasuki era ekonomi digital. Menurutnya, ekonomi digital tak melulu harus eCommerce, namun dari segala sisi yang berhubungan dengan digitalisasi.

"Ekonomi digital kini bukan lagi tentang eCommerce, semua yang terjadi akibat proses digitalisasi bisa berpotensi mendompleng ekonomi digital. 5G pun akan memegang peranan penting untuk hal itu,” pungkasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pengiriman Fabelio Ngaret

Sudah beberapa kali saya membeli barang di fabelio.com tetapi untuk kali ini saya kecewa karena sebelumnya saya langsung ke showroom dan membeli barang yang diberi label cash and carry beberapa kursi serta meja saya langsung bisa bawa pulang serta karpet. Tetapi untuk kali ini karena barang tersebut tidak ada di toko jadi saya menunggu sekitar seminggu dua minggu untuk mendapatkan barang yang saya inginkan.
Setelah saya menunggu 2 minggu untuk waktu yang ditentukan, barang yang saya pesan tak kunjung datang saya berfikir bahwa bulan ini musim hujan dan mungkin pengiriman dihambat takut menurunkan kualitas barang yang dikirim. Tapi setelah 3 minggu saya menunggu barang yang saya pesan tak kunjung datang. Sebelumnya saya ingin sekali untuk fabelio.com memberikan pesan atau sms peringatan bahwa adanya keterlambatan tetapi apakah costumer yang harus selalu memberikan komplain dan fabelio.com tidak ada niatan atau lebih mudahnya untuk minta maaf jika barang tersebut belum bisa dikirim.
Karen…

Kesempatan Bekerjasama dengan Tunaiku Sebagai Partner

Produk pinjaman online saat ini sudah menjadi hal yang banyak dicari. Selain karena proses pengajuan yang mudah, Anda pun tidak perlu menggunakan jaminan untuk bisa meminjam uang. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website resmi dari Tunaiku di sini. Nah ulasan kali ini akan membahas bekerjasama yang ditawarkan Tunaiku.
Partner Perusahaan Bagi Anda pemilik usaha dan ingin bekerjasama dengan Tunaiku dalam memakmurkan karyawan dan masyarakat sekitar dalam mengatasi permasalahan keuangan, terdapat dua program yang bisa dipilih: Affiliates Program serta Employer Program.
Affiliates Program ini ditujukan bagi masyarakat sekitar perusahaan. Jadi partner yang bekerjasama dengan Tunaiku cukup merekomendasikan produk-produk yang disediakan oleh Tunaiku sebagai jasa pinjaman online. Hal ini sangat membantu masyarakat yang masih belum yakin apabila melakukan pinjaman online dan kurang berpengalman dengan hal tersebut.
Dengan adanya program ini masyarakat bisa mendapatkan dana pinja…

Ketahui 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Bean Bag

Salah satu cara untuk mempermanis sekaligus membuat ruangan terasa nyaman yaitu dengan tambahan bean bag. Sofa yang menyerupai bantal besar ini berisi Styrofoam dengan aneka warna. Selain nyaman, sofa ini bisa membuat ruangan tampak hidup. Namun tidak semua sofa bantal ini bagus, sehingga Anda harus cermat dalam memilihnya.
1. Pilih Ukuran Sesuai Ruangan Jangan sembarangan membeli sofa bantal ini. Hal pertama yang menjadi pertimbangan yaitu luas ruangan. Jika ingin sofa bersifat formal maka Anda bisa memilih ukuran medium, yaitu berdiameter 70 cm dan tinggi 130 cm. Namun jika ruangan Anda sangat luas, sebaiknya beli ukuran yang besar atau ekstra sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur sekaligus.
2. Material Harus Menyerap Keringat Material yang digunakan untuk pembuatan sofa ini beraneka ragam. Cover yang ideal biasanya terbuat dari kanvas, denim, atau spandeks. Ketiga bahan tersebut diyakini nyaman saat diduduki dalam waktu lama. Hindari material bulu atau kulit karena akan terasa…