Skip to main content

Kereta Shinkansen Jepang Daya Tarik Wisatawan

Kereta Shinkansen Jepang

Kereta Shinkansen Jepang - Salah satu negara paling terkenal di Benua ASIA ialah JEPANG. Selain dengan negaranya yang indah , serta budayanya yang menarik, negaa Jepang memang terkenal sebagai negara maju yang unggul dalam bidang teknologi, tak terkecuali moda transportasi.Salah satu ikon transportasi di Jepang adalah kereta super cepat atau yang dikenal dengan sebutan Shinkasen yang selain memudahkan warga untuk bepergian dengan nyaman juga menjelma sebagai alat transportasi yang menjadi daya tarik untuk wisataman.

Shinkasen merupakan kereta jarak jauh yang akan mengantarkan penumpang dari satu kota menuju kota lain di sepanjang daratan Jepang. Kecepatan "Bullet Train" ini tak main-main, yakni berkisar 240 km/jam hingga maksimal 320 km/jam.


Salah satu perusahaan pembuat Shinkasen yang terkenal adalah Nippon Sharyo, LTD. Perusahaan yang berdiri sejak September 1896 tersebut tercatat telah memproduksi 6 jenis Shinkansen serta puluhan rolling stock lainnya.

Lima  jurnalis dari media cetak dan online yang terpilih dalam program Mass Rapid Transit Jakarta Journalist Fellowship 2016 berkesempatan mengintip "dapur" pembuatan Shinkasen milik Nippon Sharyo yakni Toyokawa Plant, yang terletak di Aichi, Nagoya.

Selama setengah hari, kami bisa melihat langsung tahapan demi tahapan pembuatan Shinkansen di area pabrik seluas 250 ribu m2 tersebut. Sayangnya, kami tidak diperbolehkan mengambil foto di dalam pabrik lantaran alasan keamanan.

Senior Managing Director General Manager Rolling Stock Division Nippon Sharyo Tsuge Mikio mengatakan ada tujuh tahap yang harus dilalui untuk menghasilkan sebuah gerbong Shinkasen.

"Tahapan pertama, yakni desain awal dan detail, pembuatan serta pabrikasi komponen badan dan roda kereta, serta instalasi frame depan, samping, dan belakang gerbong. Kami juga berkewajiban untuk memasang seluruh roda-roda kereta," ujarnya kepada peserta MRT Jakarta Fellowship Journalist di pabrik Toyokawa, Nagoya, beberapa waktu lalu.

Setelah itu, para teknisi mulai melakukan pekerjaan yang lebih detail a.l. mengecat body kereta, memasang peralatan listrik, memeriksa seluruh komponen berasa di posisi yang tepat, dan memasang interior gerbong sesuai desain.

"Di sisi lain, pekerja juga mengecek kondisi roda kereta atau bogie. Jika sudah sesuai dan tak ada kesalahan, bogie siap dipasang ke body Shinkasen," jelasnya.

Lebih lanjut, apabila seluruh komponen sudah terpasang maka Nippon Sharyo akan melakukan test operasional Shinkasen. Proses pertama yang dilakukan adalah mengecek kualitas (quality control) Shinkansen untuk menyesuaikan bobotnya.

"Setelahnya, baru kami coba Shinkasen di track sebelum akhirnya dikirim ke operator kereta," ungkapnya.Lantaran rumit dan membutuhkan kecermatan, proses pembuatan kereta Shinkasen memakan waktu setidaknya 4 tahun.

"Proses paling lama saat pembuatan basic dan detail design, yakni 1-2 tahun. Sisanya, dilakukan pekerjaan teknis di pabrik hingga pengiriman," jelasnya.

Dia menuturkan sejak 2010 hingga saat ini Nippon Sharyo telah memproduksi 3.500 gerbong Shinkasen. Kereta-kereta super cepat tersebut digunakan oleh operator ternama di Jepang, yakni Japan Railway.

Comments

Popular posts from this blog

Kesempatan Bekerjasama dengan Tunaiku Sebagai Partner

Produk pinjaman online saat ini sudah menjadi hal yang banyak dicari. Selain karena proses pengajuan yang mudah, Anda pun tidak perlu menggunakan jaminan untuk bisa meminjam uang. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website resmi dari Tunaiku di sini. Nah ulasan kali ini akan membahas bekerjasama yang ditawarkan Tunaiku.
Partner Perusahaan Bagi Anda pemilik usaha dan ingin bekerjasama dengan Tunaiku dalam memakmurkan karyawan dan masyarakat sekitar dalam mengatasi permasalahan keuangan, terdapat dua program yang bisa dipilih: Affiliates Program serta Employer Program.
Affiliates Program ini ditujukan bagi masyarakat sekitar perusahaan. Jadi partner yang bekerjasama dengan Tunaiku cukup merekomendasikan produk-produk yang disediakan oleh Tunaiku sebagai jasa pinjaman online. Hal ini sangat membantu masyarakat yang masih belum yakin apabila melakukan pinjaman online dan kurang berpengalman dengan hal tersebut.
Dengan adanya program ini masyarakat bisa mendapatkan dana pinja…

Ketahui 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Bean Bag

Salah satu cara untuk mempermanis sekaligus membuat ruangan terasa nyaman yaitu dengan tambahan bean bag. Sofa yang menyerupai bantal besar ini berisi Styrofoam dengan aneka warna. Selain nyaman, sofa ini bisa membuat ruangan tampak hidup. Namun tidak semua sofa bantal ini bagus, sehingga Anda harus cermat dalam memilihnya.
1. Pilih Ukuran Sesuai Ruangan Jangan sembarangan membeli sofa bantal ini. Hal pertama yang menjadi pertimbangan yaitu luas ruangan. Jika ingin sofa bersifat formal maka Anda bisa memilih ukuran medium, yaitu berdiameter 70 cm dan tinggi 130 cm. Namun jika ruangan Anda sangat luas, sebaiknya beli ukuran yang besar atau ekstra sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur sekaligus.
2. Material Harus Menyerap Keringat Material yang digunakan untuk pembuatan sofa ini beraneka ragam. Cover yang ideal biasanya terbuat dari kanvas, denim, atau spandeks. Ketiga bahan tersebut diyakini nyaman saat diduduki dalam waktu lama. Hindari material bulu atau kulit karena akan terasa…

2 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tinggal di Jakarta

Sebagai kota Metropolitan, Jakarta dipenuhi oleh berbagai hal dan berbagai orang dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena di Jakarta, kamu bisa melakukan berbagai hal mengingat Jakarta merupakan ibukota negara. Banyaknya hal yang bisa dilakukan membuat banyak orang berbondong-bondong berusaha untuk tinggal di Jakarta. Untuk beraktivitas, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kamu tinggal di Jakarta. Kedua hal berikut ini menjadi beberapa diantaranya.
ShoppingSalah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika tinggal di Jakarta adalah shopping alias berbelanja. Hal ini seakan menjadi kebiasaan bagi para warga ibu kota setiap akhir pekan atau bahkan setiap harinya. Ya, banyaknya pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional membuat banyak orang melakukan transaksi jual beli setiap harinya. Mulai dari barang-barang kebutuhan pokok, sampai barang-barang mewah tersedia di Jakarta. Oleh karena itulah, tak salah jika banyak orang yang menganggap bahwa Ja…