Skip to main content

Bulan Februari Diperkirakan Harga Cbai Akan Turun

cabai

Kenaikan harga cabai memang sangat menyusahkan konsumen, tapi sepertinya masyarakat tak perlu khawatir karena di bulan februari diperkirakan harga cabai akan mulai turun, seperti yang lorffe.com kutip dari liputan6.
Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan akan terjadi penurunan harga cabai rawit merah yang signifikan pada Februari 2017. Hal ini menyusul panen raya yang terjadi di sejumlah daerah di sentra produksi cabai.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat‎ Kementan Yanuardi mengatakan, sejumlah daerah yang akan panen di Februari antara lain Kediri, Malang, Blitar, Temanggung, Banyuwangi, dan lain-lain. Dia menyatakan, untuk di Kediri saja akan ada 4.000 hektar (ha) lahan tanaman cabai yang akan ‎panen.

"Di Kediri kalau pasokan kurang di sana banyak, mereka panen. Kalau naik ke gunung sedikit, semua cabai rawit merah‎. Jadi akhir bulan (Januari) mulai turun (panen), Februari mulai melimpah karena tanamannya ada 4.000 hektare. Ini belum yang di Malang, Blitar," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Dari panen tersebut, ujar dia, diperkirakan pada Februari akan ada pasokan cabai rawit merah sebanyak 73.843 ton‎. Pada bulan yang sama, konsumsi cabai tersebut diperkirakan hanya 68.386 ton, sehingga akan ada suplus hingga 5.457 ton.

‎"Kalau 4.000 dikali 6 ton (per ha) itu berapa. Dari pantauan di lapangan seperti Kediri, Temanggung, Banyuwangi ini yang dominan panen. Jadi yang aman, di Februari-Maret suplai aman. Ini intensitas hujan tinggi di Desember-Januari.‎ Jadi diharapkan Februari turun (harganya)," kata dia.

Sementara itu Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Sputnik Sujono berharap pada Februari nanti iklim menjadi lebih bersahabat untuk sektor pertanian. Dengan demikian, panen di sejumlah daerah tersebut tidak terganggu. "Saya berdoa iklim lebih baik, curang hujan bisa berkurang," tandas dia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menanam sebanyak 18.000 bibit pohon cabai di wilayah Kabupaten Ciangir, Tangerang Selatan. Ini untuk menyikapi melambungnya harga cabai belakangan ini.

"Penanaman pohon-pohon cabai itu dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi harga cabai yang naik turun, sekaligus menambah pasokan cabai di Ibu Kota," kata Kepala Biro Perekonomian DKI Sri Haryati di Jakarta, Jumat (13/1/2017) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, penanaman pohon-pohon cabai tersebut akan dilakukan di lahan seluas satu hektare oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dalam waktu dekat.

"Lahan yang akan digunakan untuk penanaman itu, yakni seluas 1 hektare. Saat ini, Dinas KPKP DKI masih dalam tahap pembibitan. Nantinya, cabai-cabai itu akan ditanam di dalam polybag," ujar Sri.

Dia menuturkan, lahan yang digunakan itu merupakan salah satu aset milik Pemprov DKI Jakarta. Rencananya, di lahan tersebut dibangun panti jompo. Namun sebelumnya, lahan itu akan dimanfaatkan lebih dulu untuk pertanian.

"Apalagi, pasokan cabai ke Jakarta sering kali berkurang, sehingga berdampak terhadap kenaikan harga. Makanya, kami manfaatkan dulu lahan itu untuk menanam cabai. Kalau berhasil, lumayan untuk menambah pasokan," tutur Sri.

Comments

Popular posts from this blog

Pengiriman Fabelio Ngaret

Sudah beberapa kali saya membeli barang di fabelio.com tetapi untuk kali ini saya kecewa karena sebelumnya saya langsung ke showroom dan membeli barang yang diberi label cash and carry beberapa kursi serta meja saya langsung bisa bawa pulang serta karpet. Tetapi untuk kali ini karena barang tersebut tidak ada di toko jadi saya menunggu sekitar seminggu dua minggu untuk mendapatkan barang yang saya inginkan.
Setelah saya menunggu 2 minggu untuk waktu yang ditentukan, barang yang saya pesan tak kunjung datang saya berfikir bahwa bulan ini musim hujan dan mungkin pengiriman dihambat takut menurunkan kualitas barang yang dikirim. Tapi setelah 3 minggu saya menunggu barang yang saya pesan tak kunjung datang. Sebelumnya saya ingin sekali untuk fabelio.com memberikan pesan atau sms peringatan bahwa adanya keterlambatan tetapi apakah costumer yang harus selalu memberikan komplain dan fabelio.com tidak ada niatan atau lebih mudahnya untuk minta maaf jika barang tersebut belum bisa dikirim.
Karen…

Kesempatan Bekerjasama dengan Tunaiku Sebagai Partner

Produk pinjaman online saat ini sudah menjadi hal yang banyak dicari. Selain karena proses pengajuan yang mudah, Anda pun tidak perlu menggunakan jaminan untuk bisa meminjam uang. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website resmi dari Tunaiku di sini. Nah ulasan kali ini akan membahas bekerjasama yang ditawarkan Tunaiku.
Partner Perusahaan Bagi Anda pemilik usaha dan ingin bekerjasama dengan Tunaiku dalam memakmurkan karyawan dan masyarakat sekitar dalam mengatasi permasalahan keuangan, terdapat dua program yang bisa dipilih: Affiliates Program serta Employer Program.
Affiliates Program ini ditujukan bagi masyarakat sekitar perusahaan. Jadi partner yang bekerjasama dengan Tunaiku cukup merekomendasikan produk-produk yang disediakan oleh Tunaiku sebagai jasa pinjaman online. Hal ini sangat membantu masyarakat yang masih belum yakin apabila melakukan pinjaman online dan kurang berpengalman dengan hal tersebut.
Dengan adanya program ini masyarakat bisa mendapatkan dana pinja…

Ketahui 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Bean Bag

Salah satu cara untuk mempermanis sekaligus membuat ruangan terasa nyaman yaitu dengan tambahan bean bag. Sofa yang menyerupai bantal besar ini berisi Styrofoam dengan aneka warna. Selain nyaman, sofa ini bisa membuat ruangan tampak hidup. Namun tidak semua sofa bantal ini bagus, sehingga Anda harus cermat dalam memilihnya.
1. Pilih Ukuran Sesuai Ruangan Jangan sembarangan membeli sofa bantal ini. Hal pertama yang menjadi pertimbangan yaitu luas ruangan. Jika ingin sofa bersifat formal maka Anda bisa memilih ukuran medium, yaitu berdiameter 70 cm dan tinggi 130 cm. Namun jika ruangan Anda sangat luas, sebaiknya beli ukuran yang besar atau ekstra sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur sekaligus.
2. Material Harus Menyerap Keringat Material yang digunakan untuk pembuatan sofa ini beraneka ragam. Cover yang ideal biasanya terbuat dari kanvas, denim, atau spandeks. Ketiga bahan tersebut diyakini nyaman saat diduduki dalam waktu lama. Hindari material bulu atau kulit karena akan terasa…