Skip to main content

Hujan Es Terjadi Di Jogja


hujan es
Baru-baru ini warga jogja dihebohkan dengan fenomena yang terjadi, yaitu hujan es yang mengguyur jogja, seperti yang lorffe.com kutip dari liputan6 berikut.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyatakan hujan es di Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta pada Kamis sore disebabkan munculnya awan comulonimbus disertai angin kencang.

"Hasil pantauan radar cuaca tadi siang ada kemunculan awan comulonimbus (CB) dengan suhu sangat dingin mencapai di bawah 0 derajat celcius," kata Koordinator Pos Klimatologi dan Geofisika BMKG Yogyakarta Joko Budiono di Yogyakarta, dilansir Antara, Kamis, 5 Januari 2017.

Sebelumnya, Koordinator Operasi Pemantauan Potensi Bencana Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Krisnadi Setiyawan menyebutkan berdasarkan laporan tim di lapangan pada Kamis sore, hujan berupa gumpalan es terjadi di Jalan Jatimulyo RT 43 RW 23 Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Menurut Joko, hujan es itu merupakan fenomena normal yang masih berpotensi terjadi menjelang puncak musim hujan. Awan konvektif yang cukup tebal dengan suhu dingin mencapai di bawah nol derajat celcius, kata dia, dapat memicu terjadinya hujan es.

"Di puncak awan CB terdapat kristal-kristal es. Kristal es itu bisa jatuh bersama hujan yang disertai petir dan angin kencang," kata Joko.

Selain hujan es, lanjut Joko, menjelang puncak musim hujan, selama tiga hari ke depan di DIY masih berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dengan kecepatan 30-40 kilometer per jam, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Berdasarkan pantauan Pos Klimatologi BMKG terhadap kondisi atmosfer di DIY, kelembaban udara cukup tinggi di bagian atas atmosfer mencapai 80-90 persen. "Angin baratan juga cukup kuat," kata dia.

Sementara saat ini, kata dia, curah hujan di DIY rata-rata mencapai 50-100 milimeter per dasarian. Pada puncak musim hujan yang diperkirakan jatuh pada pertengahan Januari hingga Februari curah hujan naik hingga 150 milimeter per dasarian.

Di tempat berbeda, seorang meninggal dunia dan belasan lainnya terluka akibat bencana puting beliung yang melanda Desa/Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis sore.

Korban meninggal Ny Musia (60) yang tidak bisa menyelamatkan diri saat hujan deras mengguyur disertai terjangan angin meliuk yang mengakibatkan puluhan rumah rusak, satu gudang pengeringan tembakau rata dengan tanah, dan sejumlah pohon tumbang di desa setempat.

"Hujan deras disertai angin kencang berputar terjadi hanya beberapa menit, namun menyebabkan puluhan rumah rusak, bahkan gudang tembakau rata dengan tanah hingga menyebabkan pekerjanya mengalami luka-luka," kata Hafidi Cholis, tokoh masyarakat di Desa/Kecamatan Pakusari.

Menurut dia, sejumlah korban yang terluka mendapat perawatan intensif di Puskesmas Pakusari, namun hingga kini masih belum diketahui apakah sebagian korban sudah dipulangkan atau belum.

"Ada yang mengalami patah tulang akibat reruntuhan bangunan rumah dan gudang pengeringan tembakau, namun ada yang hanya lecet-lecet saja," ucap Hafidi yang juga Ketua Komisi D DPRD Jember itu.

Pihak muspika setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mengevakuasi korban ke puskesmas terdekat, agar segera mendapatkan perawatan intensif akibat luka-luka terkena reruntuhan bangunan.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan pihaknya masih mendata jumlah korban yang terdampak angin puting beliung di Desa/Kecamatan Pakusari.

"Data sementara mencatat satu korban meninggal dunia dan sebanyak 10 orang mengalami luka-luka dengan rincian lima orang mengalami luka-luka sedang dan lima orang mengalami luka ringan," kata Hafidi.

Data sementara rumah warga yang rusak ringan, sedang, dan berat di Desa/Kecamatan Pakusari sebanyak 113 rumah. Petugas dan sukarelawan BPBD Jember masih terus mendata rumah yang rusak atau korban angin puting beliung.

Menurut dia, bencana puting beliung tidak hanya melanda Kecamatan Pakusari, tapi juga melanda sejumlah kecamatan yakni Kecamatan Sumbersari, Mayang, dan Kecamatan Silo, sehingga pihaknya masih terus mendata.

"Kami sudah menerjunkan tim sukarelawan untuk melakukan pendataan korban angin puting beliung yang menerjang empat kecamatan di Kabupaten Jember," tutur Hafidi.

Comments

Popular posts from this blog

2 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tinggal di Jakarta

Sebagai kota Metropolitan, Jakarta dipenuhi oleh berbagai hal dan berbagai orang dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena di Jakarta, kamu bisa melakukan berbagai hal mengingat Jakarta merupakan ibukota negara. Banyaknya hal yang bisa dilakukan membuat banyak orang berbondong-bondong berusaha untuk tinggal di Jakarta. Untuk beraktivitas, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kamu tinggal di Jakarta. Kedua hal berikut ini menjadi beberapa diantaranya.
ShoppingSalah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika tinggal di Jakarta adalah shopping alias berbelanja. Hal ini seakan menjadi kebiasaan bagi para warga ibu kota setiap akhir pekan atau bahkan setiap harinya. Ya, banyaknya pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional membuat banyak orang melakukan transaksi jual beli setiap harinya. Mulai dari barang-barang kebutuhan pokok, sampai barang-barang mewah tersedia di Jakarta. Oleh karena itulah, tak salah jika banyak orang yang menganggap bahwa Ja…

Nyamannya Menggunakan Plester Hansaplast

Hansaplast adalah salah satu produk yang sudah dikenal oleh banyak orang. Brand tersebut merupakan brand plester yang sudah dipercaya sejak lama di Tanah Air. Plester perekat luka yang ditawarkannya pun kini telah berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Selain menawarkan produk plester biasa, brand yang satu ini pun menawarkan produk berkualitas terbaik seperti produk plester Hansaplast Aqua Protection yang dapat diandalkan dan memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan plester – plester biasa. Hansaplast sendiri memberikan jaminan bahwa produk yang ditawarkannya tersebut benar – benar produk anti air yang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas yang biasa anda lakukan sehari – hari.

Selain produk plester untuk lecet akibat jatuh, tersedia juga berbagai macam pilihan plester lainnya baik untuk orang dewasa maupun anak – anak. Plester anak ditawarkan dengan dengan desain yang lucu sesuai kesukaan mereka dan juga memiliki sistem perlindungan yang tak kalah ba…

Mesin Jahit Singer : Keuntungan Punya Mesin Jahit Sendiri di Rumah

Mesin jahit Singer adalah produk mesin jahit yang sangat terkenal karena kualitasnya. Mesin jahit ini dikenal sangat awet digunakan untuk jangka waktu lama dan bisa mempertahankan performanya dengan baik. Banyak sekali orang yang merasa puas menggunakan produk mesin jahit Singer karena memang mesin jahit ini sangat mudah dan nyaman untuk digunakan.
Mesin jahit sesuai dengan namanya tentu digunakan untuk menjahit. Hanya saja, setiap produk mesin jahit bisa memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Penggunaan mesin jahit juga bisa bervariasi. Mesin jahit itu sendiri tidak hanya bisa digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi di waktu luang namun juga bisa menjadi alat untuk mencari nafkah.
Banyak sekali produk mesin jahit yang beredar di pasaran saat ini. Mesin jahit bisa didapatkan dengan mudah baik di toko online maupun di toko konvensional. Harga mesin jahit yang ditawarkan di toko konvensional maupun toko online juga sangat bervariasi.
Keuntungan Memilki Mesin Jahit
Mesin jahit seben…