Skip to main content

Rumah Batik Andalan Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pangkalan Kerinci

Rumah Batik Andalan Pangkalan Kerinci

Bagi sebagian besar pebisnis, aktivitas yang dilakukan dalam bisnisnya bertujuan untuk mencari profit. Memang tidak semua seperti itu, salah satunya adalah bisnis yang dijalankan oleh seorang pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto. Tujuan utamanya adalah berusaha menghadirkan manfaat kepada pihak lain sembari menjaga eksistensi perusahaannya. Salah satu perwujudannya adalah kehadiran Rumah Batik Andalan di Riau.
 
    Rumah Batik Andalan merupakan usaha kecil yang dilahirkan oleh perusahaan Sukanto Tanoto di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, demi memberdayakan masyarakat sekitar. Usaha ini memungkinkan warga di sana untuk bekerja mengembangkan potensinya.
 
Seperti yang diceritakan oleh Hari Fitri Ramadhani, seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak yang tinggal di Pangkalan Kerinci. Berkat dukungan perusahaan Sukanto Tanoto, kini Fitri bisa mengelola usaha pembuatan batik dengan jumlah produksi mencapai 200 lembar kain per bulan.
 
Keberhasilan yang diraih oleh Fitri merupakan buah dari menjadi mitra perusahaan Sukanto Tanoto yang ingin menghadirkan manfaat bagi pihak lain. Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan Sukanto Tanoto menggandeng Tanoto Foundation untuk memberikan berbagai pelatihan kepada masyarakat. Salah satunya ialah keterampilan membatik yang diikuti oleh Fitri pada 2013.
 
    Selain memberikan keterampilan, kegiatan Tanoto Foundation memberikan modal sekaligus peralatan membatik dan mendampingi Ftiri dalam mengembangkan usahanya. Kini hasilnya mulai dapat dirasakan. Fitri bahkan mampu membantu suaminya dengan mendapatkan penghasilan sendiri.
 
    "Setelah ikut Rumah Batik Andalan ini, saya senang karena bisa membantu perekonomian keluarga. Sebelumnya saya hanya ibu rumah tangga. Suami berwiraswasta sebagai pengrajin tralis besi, sedangkan anak-anak saya masih Sekolah Dasar," ucap Fitri kepada Kompas.com.
 
    Tidak hanya itu, Fitri saat ini sudah tidak lagi membutuhkan bantuan dari perusahaan Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation. Ia mampu mandiri dengan bergabung ke dalam koperasi. Ini membuatnya semakin sanggup mengembangkan usahanya.
 
    "Ke depan, harapannya Rumah Batik Andalan maju dan anggotanya juga bisa maju dengan membuka lapangan kerja bagi yang lain, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Alhamdulillah bisa punya penghasilan tambahan, selain suami yang buka usaha sendiri," ucap Fitri.
 
    Hingga saat ini sudah ada sekitar 161 UKM lokal di Riau yang mendapatkan 341 kontrak bisnis dari perusahaan Sukanto Tanoto. Selain itu, telah ada 215 UKM pemasok barang dan jasa di mana anggotanya telah mendapatkan pelatihan dalam manajemen bisnis. Hal itu masih ditambah pelatihan keterampilan vokasi untuk 144 anggota masyarakat pedesaan.

Misi dari pendiri grup Royal Golden Eagle dan Tantoto Foundation, Sukanto Tanoto, memang ingin usahanya berguna bagi pihak lain. Bisnis Sukanto Tanoto wajib memberikan manfaat bagi masyarakat, iklim, dan negara. Program pengembangan Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu yang mereka lakukan untuk mewujudkannya bersama dengan Tanoto Foundation.

Comments

Popular posts from this blog

Pengiriman Fabelio Ngaret

Sudah beberapa kali saya membeli barang di fabelio.com tetapi untuk kali ini saya kecewa karena sebelumnya saya langsung ke showroom dan membeli barang yang diberi label cash and carry beberapa kursi serta meja saya langsung bisa bawa pulang serta karpet. Tetapi untuk kali ini karena barang tersebut tidak ada di toko jadi saya menunggu sekitar seminggu dua minggu untuk mendapatkan barang yang saya inginkan.
Setelah saya menunggu 2 minggu untuk waktu yang ditentukan, barang yang saya pesan tak kunjung datang saya berfikir bahwa bulan ini musim hujan dan mungkin pengiriman dihambat takut menurunkan kualitas barang yang dikirim. Tapi setelah 3 minggu saya menunggu barang yang saya pesan tak kunjung datang. Sebelumnya saya ingin sekali untuk fabelio.com memberikan pesan atau sms peringatan bahwa adanya keterlambatan tetapi apakah costumer yang harus selalu memberikan komplain dan fabelio.com tidak ada niatan atau lebih mudahnya untuk minta maaf jika barang tersebut belum bisa dikirim.
Karen…

Kesempatan Bekerjasama dengan Tunaiku Sebagai Partner

Produk pinjaman online saat ini sudah menjadi hal yang banyak dicari. Selain karena proses pengajuan yang mudah, Anda pun tidak perlu menggunakan jaminan untuk bisa meminjam uang. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website resmi dari Tunaiku di sini. Nah ulasan kali ini akan membahas bekerjasama yang ditawarkan Tunaiku.
Partner Perusahaan Bagi Anda pemilik usaha dan ingin bekerjasama dengan Tunaiku dalam memakmurkan karyawan dan masyarakat sekitar dalam mengatasi permasalahan keuangan, terdapat dua program yang bisa dipilih: Affiliates Program serta Employer Program.
Affiliates Program ini ditujukan bagi masyarakat sekitar perusahaan. Jadi partner yang bekerjasama dengan Tunaiku cukup merekomendasikan produk-produk yang disediakan oleh Tunaiku sebagai jasa pinjaman online. Hal ini sangat membantu masyarakat yang masih belum yakin apabila melakukan pinjaman online dan kurang berpengalman dengan hal tersebut.
Dengan adanya program ini masyarakat bisa mendapatkan dana pinja…

Ketahui 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Bean Bag

Salah satu cara untuk mempermanis sekaligus membuat ruangan terasa nyaman yaitu dengan tambahan bean bag. Sofa yang menyerupai bantal besar ini berisi Styrofoam dengan aneka warna. Selain nyaman, sofa ini bisa membuat ruangan tampak hidup. Namun tidak semua sofa bantal ini bagus, sehingga Anda harus cermat dalam memilihnya.
1. Pilih Ukuran Sesuai Ruangan Jangan sembarangan membeli sofa bantal ini. Hal pertama yang menjadi pertimbangan yaitu luas ruangan. Jika ingin sofa bersifat formal maka Anda bisa memilih ukuran medium, yaitu berdiameter 70 cm dan tinggi 130 cm. Namun jika ruangan Anda sangat luas, sebaiknya beli ukuran yang besar atau ekstra sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur sekaligus.
2. Material Harus Menyerap Keringat Material yang digunakan untuk pembuatan sofa ini beraneka ragam. Cover yang ideal biasanya terbuat dari kanvas, denim, atau spandeks. Ketiga bahan tersebut diyakini nyaman saat diduduki dalam waktu lama. Hindari material bulu atau kulit karena akan terasa…