Skip to main content

Perbedaan Muntah dan Penyebab Bayi Gumoh yang Mudah Diketahui

Anda tidak perlu khawatir jika bayi mengalami gumoh karena itu adalah hal yang normal. Hanya saja Anda dapat menghindari penyebab bayi gumoh karena kebiasaan dalam memberikan makanan dan minuman yang salah. Ketika mengalami gumoh, ada bayi yang juga mengalami muntah juga. Berikut ini perbedaan muntah dan gumoh yang dapat diketahui secara mudah. 


Bayi


1.      Volume yang Dikeluarkan
Cairan gumoh yang keluar dari mulut bayi hanya berupa air dengan volume kurang dari 10 cc. Artinya cairan yang keluar sangat sedikit tanpa membuat baju bayi menjadi basah. Sedangkan volume muntah yang keluar lebih dari 10 cc, sehingga membuat baju bayi menjadi basah. Muntah yang keluar juga tidak hanya berisi air tetapi juga makanan yang dimakan bayi.

2.      Proses Keluarnya
Dari semua penyebab bayi gumoh yang dapat terjadi, keluar gumoh dan muntah tetaplah sama. Gumoh keluar dari mulut bayi tanpa disertai kontraksi otot perut. Jadi, bayi yang mengalami gumoh tidak rewel atau pun menangis karena tidak merasa sakit. Ketika muntah yang keluar prosesnya akan menyembur dan disertai dengan kontraksi bagian otot perut.

3.      Usia Terjadinya
Gumoh adalah hal yang biasa terjadi pada bayi ketika berusia di bawah satu tahun karena kondisi pencernaannya yang belum sempurna. Seiring bertambah usia, maka gumoh akan menghilang dan tidak terjadi lagi pada bayi. Berbeda dengan muntah, bayi bisa terus mengalaminya tanpa melihat usia. Sebab muntah biasanya respon pencernaan karena tidak cocok dengan makanan.

4.      Berat Badan Bayi
Gumoh yang dialami oleh bayi tidak akan mempengaruhi berat badannya. Bahkan bayi selalu merasa nyaman, dan tetap aktif setelah mengeluarkan gumohnya. Sedangkan ketika bayi mengalami muntah maka akan mempengaruhi berat badannya.

Apalagi jika muntah yang dialami secara terus-menerus yang membuat bayi kehilangan nafsu makannya. Bayi bahkan terus saja rewel dan disertai dengan penyakit lainnya berupa diare dan demam. Setelah muntah bayi akan terlihat kelelahan, namun tetap susah untuk ditidurkan.

5.      Cara Penanganan
Gumoh dapat Anda atasi dengan mudah dan aman secara mandiri di rumah. Salah satunya dengan posisi bayi yang tepat dan benar saat menyusui, minum susu, ataupun makan. Cara penanganannya juga dapat dilakukan dengan  membuat bayi mengalami sendawa.

Pada bayi yang mengalami muntah, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Muntah sering sekali tidak bisa diabaikan karena selalu berhubungan dengan kondisi kesehatan bayi. Bisa juga karena ada masalah pada bagian pencernaannya.

Penyebab bayi gumoh karena belum sempurnanya organ pencernaan yang dimilikinya sehingga prosesnya tidak lancar. Sedangkan penyebab muntah yang dialami bayi karena terjadinya luka atau infeksi pada bagian tenggorokan bayi. Anda perlu teliti dan segera melakukan penanganan jika bayi terus mengalami muntah. Lakukan juga pencegahan agar bayi tidak mengalami gumoh.

Comments

Popular posts from this blog

2 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tinggal di Jakarta

Sebagai kota Metropolitan, Jakarta dipenuhi oleh berbagai hal dan berbagai orang dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena di Jakarta, kamu bisa melakukan berbagai hal mengingat Jakarta merupakan ibukota negara. Banyaknya hal yang bisa dilakukan membuat banyak orang berbondong-bondong berusaha untuk tinggal di Jakarta. Untuk beraktivitas, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kamu tinggal di Jakarta. Kedua hal berikut ini menjadi beberapa diantaranya.
ShoppingSalah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika tinggal di Jakarta adalah shopping alias berbelanja. Hal ini seakan menjadi kebiasaan bagi para warga ibu kota setiap akhir pekan atau bahkan setiap harinya. Ya, banyaknya pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional membuat banyak orang melakukan transaksi jual beli setiap harinya. Mulai dari barang-barang kebutuhan pokok, sampai barang-barang mewah tersedia di Jakarta. Oleh karena itulah, tak salah jika banyak orang yang menganggap bahwa Ja…

Nyamannya Menggunakan Plester Hansaplast

Hansaplast adalah salah satu produk yang sudah dikenal oleh banyak orang. Brand tersebut merupakan brand plester yang sudah dipercaya sejak lama di Tanah Air. Plester perekat luka yang ditawarkannya pun kini telah berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Selain menawarkan produk plester biasa, brand yang satu ini pun menawarkan produk berkualitas terbaik seperti produk plester Hansaplast Aqua Protection yang dapat diandalkan dan memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan plester – plester biasa. Hansaplast sendiri memberikan jaminan bahwa produk yang ditawarkannya tersebut benar – benar produk anti air yang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas yang biasa anda lakukan sehari – hari.

Selain produk plester untuk lecet akibat jatuh, tersedia juga berbagai macam pilihan plester lainnya baik untuk orang dewasa maupun anak – anak. Plester anak ditawarkan dengan dengan desain yang lucu sesuai kesukaan mereka dan juga memiliki sistem perlindungan yang tak kalah ba…

Tips Menjadikan Hobi Sebagai Penghasilan untuk Anda yang Ingin Mempunyai Rumah Subsidi Jakarta

Saat baru mulai bekerja, sepertinya tidak mungkin bisa mengumpulkan modal membeli rumah. kata-kata ini mungkin sering berada di benak Anda bila kerabat atau orang tua mulai mengingatkan untuk berinvestasi. Padahal, mengumpulkan dana untuk DP rumah subsidi di Jakartapun tidak hanya bisa melalui penghasilan bulanan, melalui hobi yang Anda miliki, Anda bisa memperoleh sejumlah pemasukan dan menambah penghasilan bulanan Anda. berikut beberapa hobi yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan DP rumah.
Pertama, membuat video. Bila Anda merupakan orang yang hobi membuat konten atau langsung berpikir membuat video unik setiap menemukan spot yang menarik, sekarang waktunya memasarkan video Anda. Anda bisa mempromosikan vlog Anda di instagram dan Youtube. Bila kontennya menarik serta memperoleh banyak pengunjung, terdapat kemungkinan Anda dimintai perusahaan untuk membuat video lain.
Kedua, memasak. Hobi seperti memasak jangan hanya disimpan saja. Anda bisa membuat video versi singkat atau lengk…